Posted by: timtraining | April 28, 2011

TEKNIK PENYUSUNAN OWNERS ESTIMATE (OE) April 19-21, 2011 at Jogjakarta

Owner Estimate (OE) adalah perkiraan harga pengadaan barang/jasa yang dianalisa secara profesional dan disyahkan oleh eksekutif yang memiliki otoritas. Owner Estimate (OE) berfungsi berbagai acuan dalam melakukan evaluasi harga penawaran barang dan jasa dengan  tujuan untuk mendapatkan harga penawaran yang wajar , dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dilaksanakan oleh rekanan sesuai dengan ketentuan kontrak. Dengan demikian, penyusunan Owners Estimate merupakan kunci keberhasilan purchasing Management sebuah perusahaan. Workshop ini akan dipandu oleh beberapa pembicara yang yang memiliki pengalaman purchasing management yang luas serta pengetahuan statistik dan akuntansi yang mendalam . Kepada setiap peserta seminar, akan diberikan software untuk perhitungan Owner Estimate. Materi yang dibahas akan sangat bermanfaat untuk perhitungan OE pengadaan barang/jasa dan OE Proyek.

MATERI WORKSHOP

1.    Proses Pengadaan Barang dan Jasa

2.    Peran Owners Estimate dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa

3.    Teknik penyusunan Owners Estimate

4.    Statistik Bisnis  untuk penyusunan Owners Estimate

5.    Perhitungan Harga Satuan dan Cost of Goods Sold

6.    Perhitungan Harga Satuan dan Cost of Goods Sold dengan Activity Based-Costing (ABC)

7.    Analisis Titik Pulang Pokok (Break Even Point Analysis)

8.    Perhitungan OE untuk Pengadaan Internasional

9.    Studi Kasus dengan menggunakan Software.

 

Anda seharusnya hadir, jika anda :

  • Purchasing Director/ Manager
  • Project manager/staff
  • Procurement Director/Staff
  • Supplier Operation Manager
  • Production Manager
  • Senior Buyers
  • Price Analyst
  • Logistics
  • Distribution Manager
  • Manufacturer
  • Exporter
  • Importer
  • Trader
  • Material Manager
  • Warehousing Manager
  • Dan semua posisi yang erat hubungannya dengan kegiatan Purchasing Management dan penentuan Owner Estimate

1.    Proses Pengadaan Barang dan jasa

  • Objektif pengadaan.
  • Parameter pengadaan barang dan jasa.
  • Proses pengadaan tradisional dan proses pengadaan masa kini.
  • Pentingnya aspek Quality, Cost dan Delivery dalam proses pengadaan.

2.    Peran Owners Estimate dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa.

  • Pengertian Owners Estimate
  • Fungsi Owners Estimate.
  • Peran Owners Estimate dalam berbagai pola pengadaan.
  • Diskusi dan studi kasus.

3.    Teknik Penysunan Owners Estimate.

  • Harga pasar.
  • Data Kontrak masa lalu.
  • Perhitungan harga satuan dan Cost of goods Sold.
  • Price list dari pabrikan.
  • Delphi Method.
  • Referensi harga yang lain.

4.    Statistik Bisnis Untuk Penyusunan Owners Estimate.

  • Statistik Deskriptif.
  • Estimasi.
  • Simple Regression and Correlation.
  • Latihan Penggunaan software SPSS.

5.    Perhitungan Harga Satuan dan Cost of Goods Sold.

  • Komponen-komponen  biaya .
  • Perhitungan Cost of Goods Manufactured.
  • Perhitungan Cost of Goods Sold.
  • Perhitungan biaya material dengan metoda First in First Out (FIFO), Last In First Out (LIFO) dan Average.
  • Latihan penggunaan sotware untuk perhitungan harga satuan dan cost of goods sold.

6.    Analisis Titik Pulang Pokok (Break even Point Analysis).

  • Apa yang dimaksud dengan fixed cost.
  • Apa yang dimaksud dengan variable cost.
  • Perhitungan Break even Point dengan menggunakan teknik grafis.
  • Perhitungan Break even point dengan menggunakan teknik contribution margin.
  • Latihan dan diskusi.

7.    Perhitungan Harga Satuan dan Cost of Goods Sold dengan Activity-Based Costing (ABC).

  • Perbedaan antara metoda Activity-Based Costing dan Traditional Costing.
  • Bagaimana cara nenggunakan ABC untuk Purchasing Management.
  • Reduksi biaya dengan menggunakan ABC.
  • Teknik pengumpulan data.
  • Penggunaan software untuk perhitungan harga satuan dengan menggunakan metoda ABC.

8.    Perhitungan OE untuk pengadaaan international

  • Ketentuan –ketentuan pengadaan internasional
  • Biaya-biaya pengadaan internasional
  • Ilustrasi perhitungan OE untuk pengadaan internasional

9.    Perhitungan OE Proyek.

  • Network Planning.
  • Menerjemahkan network planning menjadi bar chart.
  • Estimasi biaya setiap aktivitas proyek dengan konsep ABB ( Activity- Based Budgeting).
  • Penentuan Project Cash Budget.

10. Perhitungan OE untuk pengadaan jasa.

  • Perbedaan barang dan jasa.
  • Ketentuan pengadaan jasa bagi BUMN dan lembaga pemerintah.
  • Aplikasi traditional cost accounting dan Activity-Based Costing untuk perhitungan OE pengadaan jasa.

11. Studi Kasus dan Diskusi.

INSTRUCTORS:

Ir Asep Saefulbachri , MBA,MM

An engineer graduated from Industrial Technique, Bandung Institute of Technology (ITB) and continued his study in Master in Business Administration. He also widened his knowledge through several trainings abroad. His got his experience in material management, warehousing and transportation management, and management of information system during 15 years working in Direktorat Logistik in Head Office of PT. Telkom. He also is being a lecturer in post-graduate program, majoring logistics management in Pasundan University, Bandung and also in several well-known universities in Bandung, STT Telkom majoring Industrial Technique. He also becomes a lecturer in the Magister management program in Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB Telkom).

He got the experience to deliver In-company Trainings and/or seminars in a few management institutions in Bandung, Jakarta, Syrabaya and Kuala Lumpur, specializing in logistics management and supply chain. Up until now, he also still active as a logistics trainer in some companies, such as Pertamina, Petrochina, PT. badak, PT. Inco Soroako, Telkom, Telkomsel, etc.


Ir Bram Andryanto,MT

The trainers are practitioners and academics who experienced more than 15 years train project management and procurement management in the form of seminars and public in-house training at many big companies in Indonesia, such as Telkom, Inco at Sorowako, Bank Indonesia, Arutmin, Chevron, Telkomsel, Vico , CNNOC, BP Migas, etc. The team also worked as consultant project management and logistics management of Telkom, PT INTI, Aria West International, etc.

General Information

Facilities

ü  Quality training material (hardcopy and softcopy)

ü  Quality training kits included calculator, T-shirt or jacket, cap, ect.

ü  Convenient training facilities with four star quality

ü  Morning and afternoon coffee breaks and lunch for along the training

ü  Certificate of Completion

ü  Exclusive flash disk.

Tuition Fee & Registration  Deadline

IDR 7.250.000,-/ Person, (Excluded PPN 10% and Accommodation)

Registration and Payment deadline a weeks before training held.

For further information and registration please contact:

Mohammad Ramli     +62 852 17900 824


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: